CARA MEMBUAT LINK BERGOYANG / NUDGING
Sabtu, 18 Februari 2012
Pengertian dan Azaz Supervisi Pendidikan
Supervisi adalah upaya yang dilakukan oleh seorang atasan kepada seorang bawahan untuk membantu memecahkan masalah-masalah dalam suatu pekerjaan. Dalam lingkup pendidikan supervisi dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada guru serta siswa dalam rangka membantu memecahkan masalah yang dihadapi guru dan siswa. Supervisi harus dilakukan secara sistimatik, demokratik, kooperatif dan bertujuan.
Supervisi dalam dunia pendidikan untuk membantu tenaga pendidik agar lebih meningkatkan kinerja yang profesional. Supervisor tugasnya adalah melihat, menilik dan mengawasi orang yang disupervisi agar lebih maju dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu memperbaiki atau meningkatkan proses belajar murid, untuk mencapai hasil belajar maksimal
Hakikat supervisi pendidikan merupakan kegiatan-kegiatan
Inspeksi (pengawasan) mencari kesalahan, seorang guru atau kepala sekolah hal ini kurang disukai
Penilikan dan pengawasan – Tidak semata-mata mencari kesalahan akan tetapi juga memperhatikan hal yang sudah dianggap baik untuk dilanjutkan pengembangannya
Monitoring (memantau) kegiatan untuk mengumpulkan data pelaksanaan suatu program sebagai bahan penilaian
Evaluasi yaitu kegiatan untuk membandingkan suatu objek dengan kriteria yang sudah ditetapkan
Guru memerlukan supervisi pendidikan sebagai bahan untuk lebih meningkatkan kinerjanya, untuk mengetahui kekurangan dan berusaha untuk memperbaikinya, Untuk meningkatkan profesional guru sehingga mutu pendidikan meningkat, Mengukur sejauh mana keberhasilan yang sudah dicapai guru.
Supervisi yang diperlukan guru meliputi dua aspek yaitu :
Supervisi Akademis yang menitikberatkan pada pengamatan supervisi terhadap kegiatan akademis
Supervisi managerial menitik beratkan pada aspek pengelolaan dan administrasi sekolah sebagai pendudukung pembelajaran
Seorang kepala sekolah dalam menciptakan suatu iklim pertumbuhan profesional melalui supervisi pendidikan
Kepemimpinan demokrasi
Menunjukkan kekurangan kinerja guru mencari (mengarahkan upaya memperbaiki kekurangan)
Membina kerjasama dengan baik
Memberi kesempatan untuk mengembangkan air agar lebih profesional
Memutuskan suatu masalah secara profesional, melalui kerja sama yang baik
Contoh kongkrit layanan profesional supervisi pendidikan melalui salah satu bidang studi
Mengawasi pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar
Kesesuaian tujuan dengan metode yang dipilih media yang tepat
Cara penyampaian materi
Hasil yang dicapai
Menilai pelaksanaan KBM yang dilakukan guru dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi
Mengkoreksi kesalahan yang dilakukan guru
Mengarahkan guru secara profesional
Prinsip Supervisi Pendidikan
Prinsip Ilmiah
Supervisi dilaksanakan berdasarkan data objektif
Diperlukan perekam data
Supervisi dilaksanakan sistimasi, berencana dan kontinu
Prinsip Demokrasi
Supervisi yang dilakukan berdasarkan hubungan yang akrab untuk menciptakan rasa aman dalam menjalankan tugasnya
Prinsip Kerjasama
Memberi support, mendorong, menstimulasi guru, sehingga mereka merasa tumbuh bersama
Prinsip Konstruktif dan Kreatif
Setiap guru merasa termotivasi dalam mengembangkan potensi kreativitas, menciptakan suasana kerja yang menyenangkan bukan menakutkan
Indikator Supervisi yang mempertimbangkan prinsip positif adalah supervisi yang berprinsip demokrasi dan kooperatif artinya supervisi :
Tidak otoriter
Tidak mencari kesalahan guru
Tidak bertindak sebagai inspektur
Tidak menganggap dirinya lebih tinggi
Tidak boleh memperhatikan hal-hal yang kecil saat mengajar
Tidak boleh lekas kecewa
Supervisi mempertimbangkan prinsip negatif artinya supervisor :
Mudah kecewa
Merasa lebih tinggi
Bertindak sebagai inspektur
Mencari kesalahan
Otoriter
Azas-Azas Pelaksanaan Supervisi Pendidikan
Supervisi pendidikan adalah
Bagian terpadu dari program pendidikan
Memperlakukan manusi seutuhnya baik secara individual sosial, atau sebagai makhluk Tuhan
Bertujuan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional
Dilaksanakan secara musyawarah, saling menghormati, mengeluarkan pendapat, menghargai pendapat orang lain
Memperlihatkan kesejahteraan pegawai pendidik baik pemenuhan perorangan dan sosial
Dilaksanakan oleh guru yang sudah mendapat pendidikan dan latihan supervisi
Upaya-upaya yang baik yang dilakukan pengawas dalam pelaksanaan supervisi pendidikan adalah :
Menciptakan kenyanaman bagi orang yang disupervisi
Bukan untuk mencari kesalahan, menghargai setiap potensi dari orang yang disupervisi
Memberi bantuan dalam memecahkan suatu masalah
Bertindak objektif, demokratif dan kooperatif
Jika ada kekurangan dari orang yang disupervisi, memberikan motivasi dan mengarahkan dengan musyawarah.
Pelaksanaan supervisi harus berlandaskan pada pedoman pelaksanaan supervisi pendidikan sebab kalau tidak berdasarkan pada pedoman pelaksanaan supervisi pendidikan akan terjadi penyimpangan dari maksud dan tujuan supervisi pendidikan
Pedoman pelaksanaan supervisi pendidikan diantaranya adalah :
Tujuan Supervisi Pendidikan
Prinsip-prinsip Supervisi Pendidikan
Azas-azas Supervisi Pendidikan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar